Menu Tutup

CARA MENCUCI JAKET PARASUT

CARA MENCUCI JAKET PARASUT

Para pembaca tentu sudah banyak yang faham dam tahu apa itu jaket parasut, bagi yang belum tahu Saya akan coba menjelaskannya sepanjang yang Saya tahu, jaket parasut adalah salah satu jenis jaket yang lapisan terluarnya terbuat dari bahan parasut, yaitu bahan yang mirip dengan bahan yang biasa dipakai untuk membuat perasut untuk terjun payung. Ciri utamanya adalah bahwa kain ini agak tipis sehingga ringan saat dipakai, meskipun ringan tetapi kehandalannya jangan dianggap remeh, karena bahan parasut mampu membuat badan menjadi lebih hangat dalam kondisi cuaca yang dingin, oleh sebab itulah banyak orang yang menyukai jenis jaket ini.

Sampai saat ini makin banyak model dan warna yang ditawarkan para produsen jaket untuk bahan parasut ini, terutama di daerah-daerah yang bersuhu dingin. Hal tersebut mengakibatkan makin manyak pula orang yang menggemari jenis jaket ini.

Bagi anda yang menyukai jenis jaket parasut, kali ini Saya akan memberikan sebuah tips sederhana mengenai bagaimana cara merawat jaket parasit, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:

Mencuci
Mencuci jaket parasut tidaklah sulit karena caranya hampir sama dengan cara mencuci pakaian biasa.
Pertama-tama siapkan air di dalam ember yang telah diberi deterjen.

1. masukkan jaket ke dalam ember tadi lalu diaduk-aduk sebentar agar seluruh bagian jaket terkena air dan deterjen meresap ke dalam sela-sela serat kain, lalu diamkan selama 15 menit.
2. Angkatlah jaket dari rendaman kemudian dibersihkan dengan cara dikucek, apabila terdapat noda atau kotor gunakanlah sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya.
3. setelah jaket terlihat bersih, proses selanjutnya adalah membilas,
4. Lakukanlah pembilasan dengan menggunakan air bersih, caranya dengan memasukkan jaket ke dalam ember yang berisi air bersih lalu diangkat-angkat dan diperas beberapa kali sampai tidak ada lagi buih yang melekat pada jaket.
5. selanjutnya jaket dapat dijemur di terik matahari.

Menyetrika
sebaiknya jaket parasut jangan disetrika karena panas setrika akan membuat lapisan parasutnya mengkerut akibat tidak tahan menahan panas setrika(kecuali untuk jaket parasut yang anti bara), apabila sudah begitu maka jaket akan cepat robek, apabila anda tetap ingin menyetrikanya lakukanlah dengan cara membalikkan jaket, yaitu bagian dalam berada di luar dengan syarat suhu setrika tidak terlampau panas.

Penyimpanan
Jenis jaket ini fleksibel, bisa disimpan dengan cara digantung ataupun dilipat. Setelah dilipat simpanlah di dalam lemari pakaian yang bebas jamur, karena jamur lemari akan membuat bau yang tidak sedap, selain itu lama-lama kan merusak jaket.

Hal-hal yang perlu dihindari:

1. Janganlah terlalu lama merendam jaket dalam air yang mengandung deterjen karena akan merusak serat parasut
2. Pada proses penjemuran cepatlah angkat bila jaket sudah kering, karena bila menjemur terlalu lama akan membuat warna jaket cepat pudar.
3. untuk jaket parasut yang berbahan tipis hindari menyetrika jaket parasut secara langsung atau dengan suhu yang terlampau panas.
4. Jangan terlalu lama menyimpan jaket parasut yang telah dipakai karena akan mengundang jamur kain, bila jaket sudah terkena jamur maka nodanya akan sulit untuk dihilangkan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Kami Sekarang