Menu Tutup

Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Apakah kamu merasa memerlukan membangkitkan semangat kerja yang mulai menurun? Banyak penyebab seseorang yang motivasi kerjanya mulai turun, seperti ketidakpuasan terhadap perusahaan atau atasan, lingkungan yang kurang menyenangkan, rekan kerja yang kurang kamu sukai, dan termasuk kondisi ekonomi yang tidak juga beranjak.

Saat semangat dalam bekerja menurun apakah kamu mengikutinya? Jika kamu biarkan semangat turun maka akhirnya prestasi kamu juga jeblok. Apakah ini akan baik atau membuat segalanya makin buruk? Kamu bisa saja di PHK, terjalin hubungan yang tidak baik, bahkan stres yang bisa mengganggu kesehatan. Emosi yang terus negatif akan mengganggu kesehatan kamu.

Karena itu kamu harus segera membangkitkan semangat kerja kamu sesegera mungkin. Berikut ini tujuh langkah bagaimana membangkitkan semangat kerja.

1. Ingat Tujuan, Cita-cita, dan Harapan
Selain bekerja itu sebagai ibadah, bekerja juga sebagai jalan kamu meraih tujuan, cita-cita, dan harapan. Apakah kamu memiliki cita-cita untuk meraih jenjang karier yang lebih tinggi dan mendapatkan gaji yang besar? Jika iya, kamu harus tunjukan dengan semangat tinggi. Sebab, mengingat tujuan, cita-cita, dan harapan kamu adalah salah satu cara membangkitkan semangat kerja.

2. Untuk Siapa Saja Kamu Bekerja
Cara selanjutnya membangkitkan motivasi kerja adalah dengan mengingat untuk siapa kamu bekerja. Apakah untuk keluarga atau untuk orang tua yang kamu sayangi dan menyayangmu? Jangan kecewakan mereka dengan semangat kerja kamu yang rendah. Justru kamu harus menjadi contoh bahwa kamu begitu semangat dalam bekerja. Sejauh mana semangat kamu maka secara sadar tidak sadar akan membekas dipikiran bawah sadar keluargamu. Anak-anak atau adik-adikmu pun akan meneladani kamu.

3. Renungkan Mana yang Lebih Penting
Sekarang kamu renungkan mana yang lebih penting, apakah niat ibadah ditambah cita-cita kamu ditambah orang tua yang kamu sayangi atau perusak semangat kerja kamu? Ibadah karena Tuhan jauh lebih penting daripada atasan yang cerewet. Lalu, cita-cita kamu untuk hidup lebih baik jauh lebih penting daripada rekan kerja yang iri dan dengki kepadamu. Orang-orang yang kamu cintai jauh lebih penting dari masalah apa pun yang ada. Jangan sampai hal-hal terpenting dalam hidup kamu dikalahkan oleh pengganggu-pengganggu itu.

4. Yakinlah bahwa Diri Kamu Mampu
Yakinlah bahwa diri kamu mampu mengatasi, bertahan, dan mampu menghadapi semua perusak motivasi kamu. Sebab, Tuhan tidak akan membebani kita di luar kemampuan kita. Pancangkan tekad dalam hati kamu bahwa kamu tidak akan kalah demi cita-cita kamu dan demi orang-orang yang kamu sayangi.

5. Resapkan ke dalam Sanubari Kamu
Buatlah catatan renungan dari langkah 1 sampai langkah 4! Jika Kamu mengikutinya maka kamu akan semangat lagi. Namun, agar semangat itu lebih tahan lama, resapkan ke dalam sanubari Kamu. Caranya adalah dengan membuat catatan-catatan dari langkah 1 sampai 4 yang membuat kamu semangat. Karena dengan mencatat saja akan lebih kuat tertanam dalam pikiran kamu. Apalagi jika kamu baca kembali pada kesempatan-kesempatan tertentu secara rutin dan dipraktikkan ke dalam tindakan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Kami Sekarang