Menu Tutup

Tips Sukses Bisnis Saat Kuliah

Tips Sukses Bisnis Saat Kuliah, Parfum Laundry

Kuliah merupakan proses belajar yang mungkin bisa di katakan tahap akhir di dunia pendidikan formal. Karena setelah kuliah tidak ada lagi pendidikan kecuali pendidikan non formal. Itu artinya kuliah hanya di lakukan oleh orang yang sudah berusia rata-rata di atas 17 tahun dan tentu saja sudah bisa di katakan sebagai orang dewasa. Di saat kuliah ini selain hanya sibuk dengan belajar dan mengikuti organisasi masih ada hal lain yang bisa di lakukan. Dan hal lain tersebut ternyata banyak yang menjalankannya, yakni berbisnis.

Apakah salah berbisnis ketika masih kuliah? kami rasa ini bukanlah kesalahan, bahkan merupakan suatu hal yang sangat bagus bagi perkembangan kita di kemudian hari. Jangankan sudah kuliah, yang masih SMP dan SMA saja ternyata banyak yang sudah memiliki bisnis sendiri meskipun sifatnya masih kecil-kecilan. Memang ketika masih kuliah memulai bisnis yang besar cukup beresiko, ini di karenakan kita harus membagi waktu antara kuliah dan bisnis, belum lagi dengan urusan lainnya seperti organisasi, bermain, belajar dan lain sebagainya.

Melakukan dua kegiatan secara bersamaan memang bukan hal yang mudah. Dimana antara kuliah dan bisnis sama-sama penting untuk masa depan. Agar keduanya bisa sukses dan sesuai dengan harapan, kita harus bisa membagi waktu dengan sebaik mungkin. Waktu seperti bermain, malas-malasan, hangout, organisasi yang tidak begitu penting sebaiknya di kurangi. Karena kita di haruskan kuliah dengan jadwal yang padat, tugas yang menumpuk belum lagi tanggung jawab kita terhadap bisnis yang kita jalankan.

Memang jika di bayangkan kuliah sambil berbisnis itu cukup berat dan merepotkan, namun di luar sana ternyata banyak mahasiswa yang bisa sukses dan membiayai kuliahnya sendiri. Disini freshlab akan membagikan beberapa tips sukses bisnis saat kuliah, mungkin saja beberapa tips di bawah ini bisa bermanfaat bagi anda para mahasiswa seluruh Indonesia.

Tips Sukses Bisnis Sambil Kuliah Bagi Mahasiswa

1. Prioritaskan Keduanya
Agar kuliah dan bisnis sama-sama sukses maka anda harus memprioritaskan keduanya dari pada kegiatan lainnya. Ini di karenakan antara kuliah dan bisnis sama-sama penting demi masa depan anda. Jangan sampai anda berat sebelah entah itu lebih ke kuliah atau itu ke bisnis, sebaiknya di seimbangkan antara keduanya. Yang pasti kedua kegiatan tersebut harus di atas kegiatan yang lain agar nantinya kuliah lancar dan penghasilan juga lancar.

Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa benar-benar di tuntut memanajemen waktu sebaik mungkin antara kuliah dan bisnis. Selain itu dengan mengutamakan kuliah dan bisnis, anda bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa selama menjalani masa-masa tersebut.

2. Kejar Impian/Target Anda
Apa impian anda selama ini? biasanya mahasiswa yang kuliah dan sudah atau
ingin memulai bisnis itu pasti memiliki impian atau target yang ingin di capai. Entah itu ingin kuliah dengan biasa sendiri, ingin membeli sepeda, ingin membeli mobil, ingin sukses dan menjadi pengusaha muda dan banyak sekali impian yang timbul dari pikiran kita.
Maka dari itu kita harus berusaha semaksimal mungkin mengejar semua impian yang ada dan juga target tersebut. Selalu fokus, konsisten dan yang paling penting selalu berusaha.

3. Cari Bisnis Yang Mudah Tapi Menghasilkan
Jangan sembarangan dalam memilih bisnis ketika kuliah, karena memilih bisnis yang salah bisa mengacaukan bisnis itu sendiri bahkan bisa-bisa menganggu kuliah anda. Ingat karena ini bisnis maka berbeda dengan bekerja, apabila bekerja, kita di tuntut kerja dengan waktu yang sudah di tentukan oleh atasan, maka bisnis ialah pekerjaan yang kita geluti sendiri dan bebas dalam bekerja. Ini di karenakan kuliah tidak hanya di siang hari, namun ada beberapa universitas swasta yang kuliahnya berada di jam malam.

Beberapa pilihan bisnis dengan waktu fleksibel atau dengan waktu yang bisa kita tentukan sendiri di antaranya adalah bisnis online, menjadi reseller, jual beli online, jasa pengetikan, membuka usaha kecil-kecilan dan lain sebagainya yang sifatnya sampingan.

4. Tetap Berada di Jalur Yang Positif
Kuliah merupakan masa-masa yang rawan, karena kebanyakan mahasiswa kuliah di tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Itu artinya mahasiswa jauh dari keluarga yang selalu mengawasi dan memberikan arahan setiap hari. Tak heran juga apabila banyak mahasiswa yang salah arah dan terjerumus ke arah yang negatif dan ujung-ujungnya kulihnya gagal. Maka dari itu usahakan anda selalu berada di jalur positif. Agar selalu berada di jalur positif, anda harus mencari teman yang baik, lingkungan yang baik, tidak mengikuti kegiatan yang negatif, selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan yang pasti jaga selalu komunikasi dengan orang tua.

Salah satu keuntungan berbisnis sambil kuliah adalah kita bisa selalu di jalan yang positif, karena selain kuliah kita juga berbisnis, dengan begitu tidak ada waktu terluang yang di habiskan untuk hal-hal negatif.

5. Jangan Menyerah
Saya rasa apapun yang kita lakukan selama itu baik dan bersifat positif kita harus terus berusaha dan jangan menyerah. Sebelum semua impian dan target terwujud, kita jangan sampai pantang arang. Bahkan setelah impian itu tercapai, kita harus berusaha untuk terus meningkatkan. Memang ketika kuliah sambil bisnis pasti ada saja halangan atau rintangan yang ada. Namun selama kita terus berusaha dan tidak menyerah, kita pasti bisa melewati semuanya.

Itulah 5 tips yang dapat kami bagikan, apabila anda menjalankan 5 tips di atas, tentunya antara kuliah dan berbisnis jadi lebih imbang dan yang pasti kesuksesan bisa anda raih. Selain beberapa tips di atas, anda juga harus tetap menjadi pribadi yang bertaqwa, ingat bahwa rezeki datangnya dari Allah SWT, maka dari itu mintalah hanya kepada yang Maha Kaya yaitu Allah semata. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga rekan-rekan mahasiswa di seluruh Indonesia terbantu dengan artikel yang satu ini. Terimakasih sudah membaca Tips Berbisnis Saat Kuliah Agar Sukses.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Kami Sekarang